Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

05 November 2013

1 Muharram / 1 Sura

SMP Islam Al-Falah Tambak -- Tahun baru Islam, 1 muharram 1435 H yang tahun ini jatuh pada hari Selasa, 05 November 2013 adalah kesempatan yang boleh di  bilang tepat bagi segenap kaum Muslim untuk intropeksi diri, untuk evaluasi diri, memperbaiki diri dan hijrah menuju kebaikan yang lebih baik sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW supaya kita semua bisa meneladaninya.

1 Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam yang merupakan pergantian tahun hijriyah, dalam Bulan Muharram ini ada beberapa peristiwa penting karena Nabi Muhammad Keberhasilan dalam berdakwah pada bulan muharram.

Muharram berasal dari kata yang dalam Bahasa Indonesia artinya 'diharamkan' atau 'dipantang' yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Makna tersebut menandakan bahwa bulan Muharram akan menjadi bulan yang damai bagi seluruh umat.
Momen tahun baru Islam merupakan sarana untuk memperkokoh ukhuwah Islamiah (persaudaraan) sehingga dapat menghindari perpecahan dan perbedaan pemahaman sesama umat Islam.

Dengan datangnya bulan muharram juga menandai kebahagian bagi kaum dhuafa. Pada bulan umat Islam disunnahkan untuk memperbanyak sedekah dan menyantuni anak yatim.

Nabi Muhammad yang melakukan hijrah dari satu tempat ke tempat lain yakni dari Mekkah ke Madinah dalam menyebarkan kebaikan menjadikan momen ini titik balik kaum Muslim untuk selalu hijrah kepada kebaikan.
Satu Muharram hendaknya tidak diperingati seperti tahun baru masehi yang banyak berpesta, melainkan diperingati dengan kegiatan yang mengedukasi masalah agama, membangun diri menjadi lebih baik, serta berbagi pada sesama.

Umat muslim juga disunahkan untuk berpuasa pada 1 Muharram sebagai bentuk pensucian diri menyambut tahun yang baru.

Tahun baru Islam sebaiknya diisi dengan bermuhasabah dan banyak istiqfar, "agar catatan kita di awal tahun dimulai dengan amalan baik."
Menegakkan kebenaran dan memberantas kebathilan adalah spirit utama peringatan 1 Muharram. Kemenangan melawan kebathilan tidak pernah terwujud tanpa usaha serius dari manusia.

Oleh karena itu, peringatan tahun baru Islam harus dijadikan momentum evaluasi diri dan menegakan kebenaran yang diawali dari diri sendiri.

dikutip dari: republik online

Socializer Widget Edited By SMP Islam Al-Falah Tambak
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar